“An unconventional pioneer and leader in the property industry”
PT Agung Podomoro Land TBK. (APLN) adalah pemilik, pengembang dan pengelola beragam produk dan proyek real estate ritel, komersial dan residensial dengan kepemilikan yang beragam. Kami memiliki model pengembangan properti yang terintegrasi, mulai dari akuisisi dan/atau pengadaan lahan, desain dan pengembangan, pengelolaan proyek, penjualan, penyewaan dan pemasaran area komersial, hingga pada pengoperasian dan pengelolaan superblok, pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, apartemen dan perumahan yang kami kembangkan. Perusahaan kami dikenal sebagai pelopor pengembangan superblok. Sebagian dari proyek-proyek penting berkualitas tinggi dari APLN adalah Podomoro City, Green Bay Pluit, Kuningan City, dan Senayan City.
APLN didirikan pada tanggal 30 Juli 2004 dengan nama PT Tiara Metropolitan Jaya. Dalam tahun 2010, para pemegang saham perusahaan menuntaskan proyek restrukturisasi perusahaan, dimana dilakukan transfer penguasaan enam pengembangan berikut perusahaan induknya. APLN, nama entitas terdaftar pada Bursa Saham Indonesia (IDX: APLN) untuk Agung Podomoro Group (APG), adalah satu di antara beberapa pengembang real estate dengan perkembangan usaha tercepat dan terbesar di Indonesia, dengan rangkaian produk superblok, properti ritel, perkantoran, apartemen dan residensial, dan hotel yang banyak diminati. Kini, APLN sedang memperluas usahanya hingga mencakup pengembangan kawasan industri dan proyek reklamasi.
APG memulai proyek pengembangan pertamanya, sebuah komplek perumahan di wilayah Simprug, Jakarta Selatan pada tahun 1969, dan menyelesaikan pembangunan perumahan ini pada tahun 1973. Dan dari tahun 1973 hingga sekarang, anak-anak perusahaan di bawah bendera APG telah menyelesaikan atau memulai pembangunan lebih dari 70 proyek properti, yang mayoritasnya adalah produk real estate/properti yang menyasar segmen kelas menengah. Proyek-proyek ini mulai dari apartemen murah hingga apartemen mewah, mal/pusat perbelanjaan kelas atas, ruko dan menara perkantoran.
APLN mengombinasikan pendekatan visioner untuk desain proyek dengan penekanan pada waktu dan eksekusi yang cepat hingga waktu pemasaran yang tepat untuk dihadirkan kepada para konsumen. Dengan model bisnis kami yang unik, kami mengadopsi dan menjalankan konsep fast churn dengan tingkat perputaran modal yang tinggi. Tidak seperti pengembang lain yang memilih untuk menyimpan cadangan lahan dalam jumlah besar, kami hanya akan mengelola cadangan lahan yang cukup untuk dapat langsung dikembangkan menjadi, terutama, produk mixed-use/superblok di wilayah perkotaan. Melihat pengalaman dan berdasarkan sumber daya yang dimiliki Agung Podomoro Group, kami telah menghadirkan beberapa produk properti terkemuka ke tengah-tengah masyarakat, seperti proyek pengembangan Central Park dan Senayan City Mall yang sudah begitu lekat namanya di kalangan menengah-atas ibukota. Kami juga mempelopori konsep superblok, yang menggabungkan area residensial, komersial, rekreasi, dan ruang perkantoran di dalam satu komplek pencakar langit terintegrasi. Dengan konsep ini, tercipta living space perkotaan yang sangat nyaman dan menyenangkan, dengan pilihan hak milik atau hak sewa.
Kampanye “Back to the City” yang kami perkenalkan kepada para konsumen membuka jalan dan memberi alternatif dalam mencari tempat tinggal dengan produk superblok berkualitas dan fasilitas lengkap. Produk-produk kami telah mengantarkan ribuan konsumen kami ke kehidupan dan gaya hidup perkotaan yang seimbang dan menyenangkan.
Dengan bekerja cepat dan efisien, model bisnis fleksibel dan terukur yang kami usung memungkinkan kami untuk selalu menjaga penggunaan modal dan sumber daya pada skala minimum. Selain itu, dengan mengandalkan jaringan dan brand name kami yang baik dan sudah melekat di hati konsumen, tim pemasaran kami yang handal dan berpengalaman mampu menghasilkan minat pembelian yang kuat atas proyek perusahaan dan menghasilkan pemasukan dari penjualan, uang muka, dan pembayaran angsuran.
Kami juga selalu memberi perhatian yang intens terhadap komposisi kontribusi aliran pemasukan dari penjualan terhadap pemasukan dari pendapatan berulang. Kami senantiasa mengembangkan produk properti komersial, seperti mal dan hotel di dalam satu komplek superblok yang nyaman sebagai sebuah solusi tempat tinggal di perkotaan yang menawarkan keseimbangan gaya hidup bagi para penghuni. Sementara itu, mengembangkan bisnis dengan membangun mal dan hotel adalah bagian dari strategi untuk meningkatkan pendapatan berulang perusahaan.
Ke depannya, APLN memiliki posisi yang kuat untuk bersaing di industri properti, didukung oleh kelebihan yang dimiliki perusahaan, termasuk respon dan pengambilan keputusan yang cepat, kapabilitas pelaksanaan strategi perusahaan, dan neraca keuangan yang sehat. Kami juga terus berekspansi ke kota-kota sekunder di Pulau Jawa, seperti ke Bogor, Bandung dan Karawang, dan juga ke luar Jawa, termasuk ke Medan, Balikpapan, dan Makasar, hingga Pulau Bali.
Secara keseluruhan, kami akan terus menjalankan pendekatan fleksibel dalam berinvestasi dan selalu membuka mata terhadap peluang yang ada, dan di saat yang sama selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam mengelola dan menjaga siklus modal Perusahan.